Efek Samping Bee Pollen

Bee pollen atau yang lebih dikenal sebagai serbuk sari lebah telah dipercaya oleh masyarakat sebagai salah satu obat herbal yang bermanfaat. Bahan, beberapa ahli meyakini serbuk ini ampuh untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Selain untuk tubuh, bee pollen digunakan untuk membantu gangguan kulit menjadi teratasi. Pada bayi yang mengalami iritasi karena memakai popok, bee pollen mampu menyembuhkan iritasi tersebut dengan cukup mudah.

Meskipun populer, namun bee pollen juga harus diketahui terlebih dahulu mengenai efek samping yang kemungkinan bisa dihasilkan. Untuk itulah, perhatikan beberapa informasi yang ada di bawah ini untuk mengetahui efek samping yang dihasilkan oleh bee pollen.

Mengenal Bee Pollen Lebih Dekat

Sebagai salah satu produk herbal yang populer, bee pollen seringkali digunakan oleh masyarakat luas untuk membuat tubuh semakin segar dan berenergi. Bee pollen ini dibuat dari air liur yang dihasilkan oleh para lebah pekerja, lalu diolah dengan proses tertentu sehingga bisa berubah menjadi serbuk sari.

  • Kandungan: Gula, lemak, selenium, fosfor, magnesium, asam amino, protein, karbohidrat, gula, lemak, protein. Tidak hanya itu saja, namun bee pollen juga mengandung zat yang bersifat antibakteri, antiradang, dan antioksidan
  • Manfaat: Meningkatkan sistem imun, menangkal radikal bebas, mempercepat luka agar segera sembuh, meringankan gejala menopause, mengatasi sulit BAB, mengurangi efek samping akibat kemoterapi
  • Bentuk: Butiran, obat cair, kapsul, tablet
  • Dikonsumsi oleh: Orang remaja atau dewasa kecuali wanita hamil atau menyusui

Editor terkait:

Dosis Menggunakan Bee Pollen yang Tepat

Dosis yang tepat untuk menggunakan bee pollen sebenarnya bervariasi untuk setiap pasien yang mengkonsumsinya. Terlebih, dosis tersebut pun harus disesuaikan dengan kondisi kesehatan saat ini, usia, dan beberapa kondisi yang lainnya. Selalu konsultasikanlah bersama dokter agar bisa mengetahui seberapa besar dosis yang tepat untuk Anda.

Cara Mengkonsumsi Bee Pollen

Bagi pemula, tidak ada cara khusus yang perlu dilakukan untuk menggunakan serbuk ini. Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung dengan menelannya atau dengan menaburkan serbuk ini di atas bubur, salad, sereal, atau makanan lain.

Selain itu, Anda dapat melumatkannya bersamaan dengan smoothie atau dressing salad. Beberapa orang terkadang merendam bee pollen ke dalam air terlebih dahulu selama beberapa jam sebelum dikonsumsi.

Editor terkait:

Peringatan Sebelum Memanfaatkan Bee Pollen

Ada beberapa hal yang harus diketahui sebelum menggunakan bee pollen seperti:

  • Simpan bee pollen pada tempat yang jauh dari paparan sinar matahari, hindari menaruhnya pada tempat yang lembab atau terlalu panas
  • Jangan menggunakan bee pollen dalam bentuk krim melalui mulut, sebab bentuk krim tersebut hanya cocok pada kulit
  • Konsultasikan bersama dokter terlebih dahulu apabila saat ini Anda harus mengkonsumsi obat antidiabetes

Efek Samping Bee Pollen

Meskipun menghasilkan manfaat, namun ada beberapa efek samping bee pollen yang sering terjadi, yaitu mual dan muntah, kehilangan nafsu makan, alergi, dan masalah pernapasan. Selain itu, terkadang terjadi sakit perut dan diare pada beberapa pasien.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Efek Samping atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar