Berita
Lantunan Qur'an Anak-Anak Rohingya

  12 Oktober 2017    187

Empat hari sudah tim kemanusiaan peduli Rohingya PPPA Daarul Qur’an berada di kamp pengungsian Cox’s Bazar, Bangladesh. Berbagai bentuk bantuan mulai disalurkan kepada para pengungsi dari kebutuhan logistik hingga perlengkapan ibadah, seperti diketahui sebagian besar para pengungsi adalah muslim.

Saat menyusuri lokasi pengungsian, tim tertuju pada satu tempat yang kerap digunakan untuk beribadah, yaitu Madrasah Ma'had Al Ilmi. Madrasah ini milik masyarakat yang dekat dengan kamp. Terdapat masjid yang digunakan untuk ibadah, juga kelas-kelas untuk sekolah. Anak-anak dari warga sekitar dan pengungsi Rohingya berbaur di madrasah ini.

Kurang lebih 500 anak-anak muslim Rohingya begitu khusyuk melantunkan ayat-ayat suci Alqur’an. Selain menjadi tempat tinggal sementara, masjid ini memang menjadi salah satu tempat mereka belajar dan menghafal Alqur’an.

Meski hidup mereka terjepit masalah kebebasan hidup dan tempat tinggal, namun mereka tetap istiqomah menimba ilmu. Setiap pagi, siang dan sore dihabiskan anak-anak ini untuk belajar dan menghafal Alqur’an. Mereka tengah terlatih menjadi lebih kuat, orang-orang tua mereka mengajarkan sesulit apapun hidup jangan tinggalkan Tuhan.

Di Masjid Ma'had Al Ilmi ini, tim kemanusiaan telah menyampaikan amanah dari jemaah dan seluruh donatur PPPA Daarul Qur’an untuk menyalurkan bantuan. “Kemarin kami bangun dapur umum dan hari ini akan akan menyuplai perlengkapan ibadah,” ujar Ketua Tim Kemanusian PPPA Daarul Qur’an untuk Rohingya, Jahidin, Kamis (12/10).

Ke depan, tim kemanusiaan PPPA Daarul Qur’an akan melengkapi kebutuhan-kebutuhan yang masih kurang di Masjid Ma'had Al Ilmi. Sebab, sebagian guru-guru tahfizh yang berasal dari Balu Khali Camp juga menginap di masjid ini untuk mengajar anak-anak muslim Rohingya menghafal Qur’an.

“Kami terus mendukung kegiatan tahfizh yang sudah berjalan dengan menyuplai Alqur’an, alat belajar, makanan dan logistik bagi para pengungsi Rohingya. Semoga bantuan yang kami support ini menjadi ladang amal kebaikan bagi para donatur kami. Donasi andapun akan melahirkan penghafal Alqur’an dari sini,” tutur Jahidin.

Photo lainnya dalam Berita ini ..




Berita terakhir lainnya ..