Arsip Berita | September 2018
Ikhtiar Mendawamkan Qur'an di Pelosok Malang

  20 September 2018    64

Muda, penghafal Qur’an, berprestasi dan bermanfaat bagi umat. Itulah kepribadian yang ingin dikembangkan PPPA Daarul Qur’an kepada semua santrinya. Sungguh, banyak sekali program yang telah digulirkan agar tujuan besar tersebut terwujud.

Salah satunya untuk mahasiswa-mahasiswi penerima Beasiswa Tahfizh Qur’an (BTQ) for Leaders angkatan II di Kota Malang yang tengah berjuang membangun Alqur’an di Desa Gading Kulon, Dau Malang, Jawa Timur. Ditengah kesibukan para santri yang berkuliah di Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang dan UIN Maliki Malang, mereka tetap bersemangat mengabdi untuk masyarakat.

Sekitar 11 kader BTQ for Leaders terjun bersama merangkul dan membina ikatan keluarga TPQ Desa Gading Kulon. Setiap sebulan sekali mereka mengajarkan program tahfizh kepada guru-guru TPQ dan mengajar nilai-nilai Islam kepada para santri TPQ. Seperti menghafal surah-surah pendek, sholat, sirah nabawiyah dan pengetahuan Islam yang menarik lainnya.

Buktinya, pada Minggu (16/9) kader BTQ for Leaders menggelar acara bertemakan “Gebyar Muharram Gading Kulon” bersama enam TPQ di Desa Gading Kulon. Acara meliputi lomba tartil, hafalan surah pendek, adzan, salat berjamaah, mewarnai dan cerdas cermat. Lomba diadakan secara individu dan berkelompok.

Lomba individu diharapkan mampu membuat santri lebih percaya diri dan berani tampil di depan umum. Sedangkan lomba yang diadakan secara berkelompok dapat melatih para santri berinteraksi, berdiskusi, belajar bersama dengan kompak.

Alhamdulillah, kegiatan lomba dilaksanakan di Masjid At Taqwa Dusun Sempu, Gading Kulon dan dihadiri oleh ketua takmir dan pengurus masing-masing TPQ. Menyejukkan hati melihat para santri sangat bersemangat mengikuti lomba dan mendukung teman-temannya yang tampil,” ujar Manager PPPA Daarul Qur’an Area Jawa Timur, Zuzali.

Sederhana memang yang dilakukan para santri BTQ for Leaders. Namun, pengabdian kecil seperti inilah yang diperlukan masyarakat Indonesia agar bisa menanamkan pelajaran Islam dan Alqur’an sejak dini. Generasi yang melek Alqur’an, ilmu agama dan pendidikan karakter. InsyaAllah.

Photo lainnya dalam Berita ini ..




Berita terakhir lainnya pada periode ini ..