Arsip Berita | September 2017
Kebakaran Jeneponto Hanguskan Puluhan Rumah

  29 September 2017    455

Kebakaran melanda Dusun Pajallaya, Desa Bungeng, Kecamatan Batang, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Jum'at (22/9). Sebanyak 26 rumah hangus dilalap si jago merah. Api berkobar sekitar 1 jam 30 menit dimulai dari jam 11 hingga 12.30 WITA.

Dengan cepat, api membesar lantaran komposisi bangunan rumah-rumah warga yang terbuat dari kayu. Angin yang berhembus kecang saat kebakaran berlangsung membuat api cepat merembet dari rumah yang satu ke rumah yang lainnya. Kebakaran diduga berasal dari salah satu rumah warga.

Api baru berhasil dipadamkan setelah petugas pemadam kebakaran yang diterjungkan ke lokasi dan di bantu warga bahu membahu memadamkan api selama hampir dua jam. Meskipun tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun akibat kejadian itu, kerugian materi yang ditimbulkan mencapai milyaran rupiah.

Banyak warga yang tak sempat menyelamatkan barang berharganya. Saat ini, logistik dan tempat tinggal sementara sangat dibutuhkan para korban. Untuk meringankan beban warga, tim Siaga Bencana (SIGAB) PPPA Daarul Qur'an Makassar telah menyalurkan bantuan ke Jeneponto pada Minggu (24/9) lalu.

“Alhamdulillah, bantuan sementara yang sudah diberikan adalah perlengkapan dapur, bahan makanan dan alat-alat rumah tangga kepada 26 KK,” ujar Kepala Cabang PPPA Daarul Qur’an Makassar, Dena.

Dena mengatakan, selain perlengkapan rumah tangga, pihaknya juga telah memberikan bantuan berupa seragam dan peralatan sekolah untuk anak-anak SD, SMP dan SMA korban kebakaran pada Senin (25/9). PPPA Daarul Qur’an Makassar kata dia, dalam waktu dekat akan kembali ke Dusun Pajallaya untuk kembali menyalurkan bantuan.

“InsyaAllah, Sabtu besok (30/9) kami akan memberikan bantuan perlengkapan salat dan mudah-mudahan di sana nanti bisa dibuat program tahfizhul Qur’an,” ucap Dena.

Dena menuturkan, bagi masyarakat yang ingin membantu para korban kebakaran bisa langsung menyalurkan donasi melalui rekening Kemanusiaan Daarul Qur’an BCA 603-030-8059, CIMB Niaga Syariah 520-01-00384-006.

“Bagi yang ingin mengirim bantuan berupa perlengkapan salat atau pakaian baru bisa juga ke kantor PPPA Daarul Qur’an Makassar di Jalan Talasalapang Nomor 47A Makassar, atau melalui layanan jemput sedekah di 0823-2323-5194,” ujarnya.

Photo lainnya dalam Berita ini ..




Berita terakhir lainnya pada periode ini ..