9 Cara Membuat Website Untuk Bisnis Online Bagi Pemula

Sebagian besar pebisnis berpikir bahwa membuat website untuk jualan online, membutuhkan teknik khusus. Sehingga banyak dari pebisnis yang tidak membuat website toko online sendiri. Lantas, bagaimana cara membuat website sendiri untuk bisnis online?

Sebenarnya, membuat website jualan online caranya sangat mudah, meski Anda tidak memiliki pengetahuan yang mumpuni. Pada informasi kali ini akan dibahas mengenai cara membuat website dengan mudah.

Cara Membuat Website Toko Online Bagi Pemula

Cara membuat website jualan bagi pemula bisa melalui 9 cara di bawah ini. Beberapa cara ini harus Anda lakukan agar website terlihat profesional.

⦁ Rancang Desain dan Template

Cara membuat website pertama, dengan merancang desain website terlebih dahulu. Contohnya, jika Anda ingin website lebih fokus untuk pembeli pada desktop maka sesuaikan dengan template jualan online. Sebagian besar pebisnis memilih template website mobile-friendly.

⦁ Buat Konsep dan Fitur Website

Menentukan fitur apa saja yang akan dimasukkan pada web jualan merupakan langkah selanjutnya untuk membuat website online. Umumnya, fitur yang dimasukkan dalam website, berupa keranjang (cart), call to action, dan customer service. Jika Anda bingung menentukan konsep dan fitur website toko, maka bisa menggunakan jasa pembuatan website online.

⦁ Menentukan Nama Domain

Dalam menentukan nama domain pada situs jualan, pastikan dibuat agar mudah diingat oleh orang dan bersifat unik. Terdapat tips memilih nama domain, seperti nama yang memiliki potensi bisnis, tidak sulit dieja, dan cek ketersediaan domain.

⦁ Pilih Web Hosting

Berikutnya, cara membuat website dengan memilih web hosting terbaik. Web hosting merupakan salah satu tempat penyimpanan online yang berguna untuk menyimpan data website Anda.

Dalam menentukan web hosting yang benar, Anda harus bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan toko online karena berpengaruh pada performa web.

⦁ Install Plugin WooCommerce

Salah satu plugin wordpress yang biasanya digunakan pada website jualan, yakni WooCommerce. WooCommerce merupakan salah satu plugin dapat membuat toko online dengan berbagai fitur yang menunjang website penjualan. Penggunaan plugin WooCommerce bisa didapatkan secara gratis, namun ada fitur tambahan dan dikenai biaya tambahan.

⦁ Menambahkan Katalog Produk

Setelah berhasil install WooCommerce, Anda bisa membuat katalog dan menambahkan foto produk. Katalog ini berguna sebagai etalase produk, sehingga pengunjung yang datang ke situs website jualan bisa mengetahui produk dijual. Selain itu, akan menjadi strategi marketing untuk menarik hati pelanggan dalam membeli barang dan lebih dipercaya konsumen.

⦁ Masukkan Informasi Kontak Bisnis

Berikutnya, tambahkan Informasi bisnis yang bermanfaat agar pembeli bisa lebih mudah menghubungi toko online. Contohnya, dengan menanyakan ketersediaan atau ukuran barang.

Anda bisa menggunakan plugin tambahan untuk menambahkan kontak bisnis. Selain itu, cantumkan whatsapp business, akun sosial media ataupun email bisnis.

⦁ Hubungkan Ke Semua Channel Penjualan

Bila sebelumnya Anda sudah memiliki beberapa toko online di marketplace, maka bisa langsung menghubungkannya dengan website jualan online. Tujuan melakukan ini agar Anda lebih mudah untuk mengurus penjualan online.

⦁ Optimasi Website Toko Online

Setelah itu, Anda bisa memasukkan fitur pada website toko dan menghubungkannya ke semua penjualan. Terakhir, Anda bisa mengoptimasi website jualan dengan menggunakan search engine, agar lebih mudah dicari oleh konsumen.

Pastikan kecepatan pada website toko online sudah bagus dan tidak membutuhkan waktu lama untuk masuk ke situs. Jadi Anda tidak perlu susah lagi untuk mencari nama domain, apalagi menentukan template website bagus sampai pemilihan hosting terbaik.

Bagi Anda yang ingin membuat website bisa menggunakan Desty App. Desty App adalah platform digital yang akan membantu para penjual influencer dan kreator untuk mendapatkan website online berkualitas guna memasarkan produknya.

Desty App sudah terintegrasi, jadi Anda lebih mudah mengelola laporan penjualan, pembukuan keuangan, stok barang, sampai WMS. Sehingga seluruh kebutuhan jualan bisnis yang kelola hanya menggunakan satu sistem saja.

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan mengenai cara membuat website untuk bisnis online. Semoga informasi ini dapat memberikan kemudahan untuk Anda yang ingin memulai pembuatan website online.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar

Close