7 Tips Memilih Server Hosting Domainesia Murah Untuk Website Pemula

Perkembangan teknologi yang pesat membuat generasi muda lebih mudah melakukan berbagai aktivitas. Salah satunya dalam mempromosikan bisnis. Saat ini seseorang sudah bisa mempromosikan bisnisnya melalui situs online. Lantas, bagaimana tips memilih server hosting domainesia murah untuk website pemula? 

Seperti yang sudah diketahui, bahwa setiap orang memiliki tujuan berbeda dalam pembuatan website. Sebagian besar membuat website hanya untuk mendapatkan keuntungan dari iklan, namun lainnya untuk kebutuhan bisnis serta portofolio kerja.

Tips Memilih Server Hosting Domainesia Murah

Server merupakan? salah satu tempat penyimpanan, yang berguna untuk menampilkan data pada web client seperti Mozilla, Safari, Chrome, dan Opera. Melalui server, hosting website dapat terakses dengan baik selama 24 jam, namun harus dilengkapi dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

Seperti yang sudah ketahui, website memberikan banyak keuntungan dan manfaat pada bidang bisnis. Namun, dalam memilih server hosting terbaik tidaklah mudah. Berikut ini sudah ada beberapa tips memilih server hosting domainesia murah yang terbukti efektif.

1. Tentukan Platform yang Digunakan

Menentukan platform untuk membuat website menjadi salah satu faktor yang menjadi pertimbangan saat memilih server hosting. Di Indonesia, mayoritas website dibuat melalui WordPress karena SEO Friendly dan lebih mudah digunakan.

Selain WordPress, ada platform lain seperti WIX, Joomla, dan masih banyak lagi. Walau ada berbagai jenis platform yang dapat berjalan, namun disarankan memilih paket hosting berdasarkan keperluan.

2. Perhatikan Jenis Website

Tips memilih server hosting terbaik  berikutnya, memperhatikan jenis website. Umumnya, setiap website memiliki karakteristik yang tidak sama berdasarkan kegunaan dan jenisnya.

Contohnya, bila Anda ingin membuat website untuk pribadi, maka bisa menggunakan paket hosting murah dengan kisaran belasan ribu rupiah perbulan. Sementara itu, bila ingin memiliki website e-commerce dengan aktivitas kunjungan besar, bisa menggunakan Dedicated Server yang memiliki resource tinggi.

3. Lokasi Server Pengunjung

Memilih server hosting terbaik, tentunya tidak lepas dari keamanan dan kenyamanan data pengunjung. Bila Anda ingin target pembaca berasal dari Indonesia maka harus menggunakan provider web hosting yang mempunyai data center Indonesia.

Selain memudahkan routing yang berdampak pada kecepatan loading, hal ini relatif lebih mudah untuk menjalin komunikasi ketika terjadi trouble.

4. Tipe Konten yang Disajikan

Tipe konten juga berpengaruh untuk menentukan paket hosting domainesia murah. Umumnya, kebutuhan website berisi artikel tulisan yang berbeda dengan website situs wallpaper atau video  streaming.  Sebagai pemilik website Anda harus tahu tujuan dari pembuatan website, agar dapat ditonton oleh pengunjung secara langsung.

5. Banderol Harga

Sebagian besar orang beranggapan bahwa web hosting terbaik harus bernilai mahal. Namun, asumsi tersebut tidak benar karena sudah ada beberapa perusahaan hosting interlokal maupun lokal yang menawarkan paket harga terjangkau.

Meskipun begitu, Anda tetap harus melihat budget sebelum berlangganan. Bila dana terbatas, pilih  layanan hosting domainesia murah dengan membeli hosting menggunakan pay later.

6. Jumlah Domain

Umumnya, pembelian hosting ada peraturan jumlah penambahan domain dan Addon Domain. Hal ini juga dapat dijadikan sebagai pertimbangan untuk memilih hosting sesuai keperluan.

Biasanya paket hosting domainesia murah hanya diberikan slot untuk dua hingga tiga domain saja. Sementara itu, paket yang tinggi seperti Dedicated Server, lebih leluasa menambah domain.

7. Kapasitas Hosting

Pasalnya, pembeli membuat website dari nol, sehingga tidak menggunakan metode yang akurat untuk menghitung kapasitas hosting. Biasanya, besar kapasitas penyimpanan web hosting mulai dari 500MB sampai 1TB.

Kapasitas yang kecil tidak cukup menunjang website pribadi karena konsisten diperbarui. Namun, untuk awal, gunakan paket hosting murah dengan penyimpanan 1GB.

Selain bisa digunakan untuk menampung file postingan dan system, Anda bisa melakukan backup data manual. Dalam memilih server hosting memang harus hati-hati dan selektif agar tidak salah menentukan pilihan.

Beberapa poin yang dijelaskan bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk mendapatkan server hosting sesuai kebutuhan. Demikianlah informasi yang bisa disampaikan mengenai beberapa tips memilih server hosting domainesia murah. Semoga dari informasi ini bisa memberikan manfaat bagi yang ingin membuat website.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar

Close