Close

6 Cara Merawat Aki Kering Mobil Agar Tidak Mudah Rusak

Aki mobil merupakan salah satu bagian mobil yang berperan penting dalam sistem kelistrikan. Cara merawat aki kering mobil tidak hanya bisa dilakukan di bengkel saja. Melainkan kamu bisa merawat aki mobil agar lebih awet melalui beberapa langkah yang berikut ini akan kita bahas.

Pada umumnya, aki mobil memiliki beberapa jenis bentuk, seperti aki basah, aki kering, aki kalsium, maupun bentuk lainnya. Untuk jenis aki kering, perawatan yang perlu dilakukan sebenarnya lebih mudah ketimbang aki basah karena tidak perlu memeriksa dan menambah cairan elektrolit. Cara mengetahui aki kering sudah mulai bermasalah bisa dikenali dari kesulitan pada saat menyalakan mesin mobil. Aki kering yang dirawat dengan baik bisa bertahan digunakan hingga 3 tahun. Nah, bagaimana cara merawat aki kering mobil agar tidak cepat soak?

Lakukan 6 Cara Merawat Aki Kering Mobil Supaya Lebih Awet dan Tahan Lama

Jaga Kebersihan Permukaan Aki Secara Berkala

Bagian permukaan aki mobil pada umumnya penuh oleh kotoran dan debn, serta kerak yang menempel. Bila dibiarkan, kotoran tersebut dapat menyebabkan penyumbatan pada katup sehingga menghambat proses penguapan pada aki mobil.

Karena itu, cara merawat aki kering mobil yaitu permukaan aki wajib dibersihkan secara berkala untuk menjaga kinerja aki tetap lancar dan optimal.

Jangan Lupa Mematikan AC Sebelum Mematikan Mesin Mobil

Pada saat mesin mobil dinyalakan, AC menerima sumber daya listrik melalui alternator. Sedangkan, ketika mesin mobil dalam keadaan mati, sumber listrik hanya berasal dari aki mobil. Itulah mengapa aki mobil akan terkuras jika ac tidak dimatikan sebelum mematikan mesin karena alternator juga tidak meneruskan daya listrik pada aki.

Kebiasaan seperti ini menyebabkan aki mobil akan selalu kehabisan daya listrik dan pada akhirnya menyebabkan aki mudah tekor dan soak.

Cara Merawat Aki Kering Mobil dengan Rutin Memanaskan Mesin

Untuk merawat aki mobil agar bertahan lama digunakan, kamu harus melakukan perawatan aki mobil yang tepat. Salah satunya adalah dengan memanaskan mobil setiap hari meskipun mobil tidak sedang digunakan.

Selain itu, cara merawat aki kering mobil perlu dilakukan dengan membersihkan terminal aki agar tidak sampai timbul karat pada bagian permukaan aki akibat tumpukan debu. Kamu bisa menggunakan sikat kawat yang halus dan telah dilumasi oleh minyak gemuk saat membersihkan bagian terminal aki tersebut.

Yang tidak kalah penting, periksalah seluruh komponen pada aki secara berkala untuk menghindari adanya bagian yang kendor atau sudah mulai rusak sehingga tidak ikut merusak bagian yang lainnya dan bahkan bisa jadi menimbulkan percikan api akibat hubungan arus pendek.

Kurangi Aksesoris Mobil yang Tidak Terlalu Penting

Menggunakan aksesoris mobil secukupnya sesuai dengan apa yang dibutuhkan saja sangat berpengaruh terhadap beban kerja aki mobil. Setiap mobil sudah memiliki perhitungan tersendiri masing-masing terhadap keseimbangan penggunaan daya listrik. Oleh sebab itu, menambah aksesoris maupun perangkat tambahan lainnya sebenarnya tidak dianjurkan untuk menjaga kondisi aki tetap awet.

Jadi, kamu perlu mempertimbangkan dengan bijak apakah aksesoris yang akan ditambah tersebut benar-benar dibutuhkan atau tidak. Terlebih lagi jika kamu berencana akan melakukan modifikasi yang cukup besar misalnya memasang sistem audio yang lebih canggih sehingga membutuhkan daya listrik yang sangat besar pula. Selain mempengaruhi ketahanan aki mobil, kamu perlu mengingat juga bahwa modifikasi demikian akan membuat garansi mobil hangus.

Periksa Secara Rutin Komponen Aki yang Perlu Diganti

Cara merawat aki kering mobil tentu tidak terlepas dari pemeriksaan secara rutin terhadap kondisi seluruh komponen yang berkaitan dengan aki tersebut. Diantaranya adalah bagian alternator dan regulator. Regulator berperan penting dalam menjaga keseimbangan pengisian daya listrik, sedangkan alternator merupakan bagian yang bekerja mengubah gerakan mesin menjadi daya listrik.

Bila kedua komponen aki tersebut bermasalah, aki mobil tentu tidak dapat bekerja dengan baik seperti kondisi normal. Jika kondisi seperti ini terus dibiarkan, aki akan lebih cepat soak dan rusak hingga tidak dapat digunakan sama sekali.

Memang, meskipun kamu sudah menerapkan semua cara merawat aki kering mobil dengan sungguh-sungguh, aki mobil tetap saja akan rusak bila sudah mencapai usia pemakaian yang maksimal. Supaya aktifitas kerjamu tidak terganggu, segera bawa kendaraanmu ke bengkel aki terdekat yang bisa kamu temukan di Otoklix.

Jangan ragu, seluruh mitra bengkel Otoklix merupakan bengkel terpercaya yang sudah berpengalaman dan teruji mampu menangani berbagai perawatan mobil secara profesional. Kelengkapan fasilitas di bengkel pilihan yang kamu temukan di sana juga tidak kalah dengan kualitas bengkel resmi. Bahkan, kamu bisa mendapatkan biaya service yang jauh lebih hemat dan sangat terjangkau!

https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/cara-merawat-aki-kering#

Tinggalkan komentar