4 Keuntungan Menggunakan Chatbot untuk Bisnis, Banyak Sekali!

Chatbot merupakan salah satu program komputer yang nantinya dapat mensimulasikan percakapan manusia melalui obrolan teks, dan perintah suara. Platform ini kependekan dari chatterbot.

Ini merupakan AI (artificial intelligence) atau kecerdasan buatan. Namun, beberapa orang juga menyebutkan aplikasi satu ini sebagai bot, talkbot, dan masih banyak lainnya.

Keuntungan Menggunakan Chatbot untuk Bisnis

Dalam bisnis, Chatbot ini nantinya akan memberikan banyak keuntungan. Berikut ini sudah ada beberapa keuntungan dari artificial intelligence tersebut, antara lain:

1. Memberikan Kepuasan Pelanggan 

Keuntungan pertama, bisa memberikan kepuasan yang lebih baik untuk pelanggan. Sebab, aplikasi ini tersedia selama 24 non stop sama menjawab pertanyaan pelanggan kapan pun.

2. Menghemat waktu

Chatbot satu ini juga bisa menghemat waktu bagi pelanggan yang ingin memperoleh informasi penting. Nantinya, aplikasi ini akan memberikan informasi yang relevan dengan pertanyaan dari konsumen. 

Jadi, pengguna tidak perlu menunggu lama untuk memperoleh tanggapan dari pihak pebisnis. Platform satu ini juga bisa memungkinkan bisnis lebih produktif. 

Sehingga nantinya costumer service tidak akan kewalahan, ketika menjawab pertanyaan dari pelanggan. Melalui platform ini, pelanggan juga akan lebih efisien mendapatkan jawaban.

3. Tidak Perlu Dana yang Besar

Platform satu ini lebih hemat dan efektif. Biasanya, Bisnis yang menggunakan kecerdasan buatan ini nantinya tidak perlu mengeluarkan dana besar untuk menggaji para karyawan.

Bahkan, perusahaan yang menggunakan kecerdasan buatan ini dapat mengurangi biaya customer service sampai 30%. Jadi melalui AI ini perusahaan lebih banyak mendapatkan untung.

4. Mengurangi Kesalahan

Pada dasarnya, setiap karyawan pernah melakukan kesalahan. Bahkan. customer service juga pernah berbuat salah, baik itu yang berat maupun ringan.  

Namun, hal tersebut tentunya dapat dihindari saat menggunakan layanan dari chat Ai ini. Umumnya, setiap jawaban yang diberikan akan selalu tepat sesuai dengan instruksi yang diberikan.

Jadi, seluruh kesalahan dapat dihindari. Sehingga pelanggan tidak akan memperoleh informasi yang bohong.  Setelah memahami penjelasan yang ada di atas, pastinya Anda akan sedikit paham mengenai chatbot ai dan keuntungannya.

Tinggalkan komentar