4 Fungsi Video Explainer untuk Perusahaan SaaS

Bayangkan jika kamu telah mempersiapkan produk atau software dengan sangat niat dan terampil. Software tersebut sangat fungsional dan memudahkan . Tetapi begitu diluncurkan, orang banyak tidak mendukung kamu.

Bahkan tidak ada satu pasang tangan pun yang bertepuk tangan untuk menyambut software kamu ke pasar. Dan kamu bertanya-tanya… mengapa demikian?

Sepele, karena tidak ada yang benar-benar mengerti cara kerjanya, apa yang dilakukannya, dan apa gunanya jika seseorang memutuskan untuk menggunakannya.

Itulah dilema menjadi perusahaan SaaS. Kamu mungkin memiliki software terbaik di pasar tetapi tidak ada yang menggunakannya, karena mereka tidak tahu apa yang sebenarnya dilakukan software kamu.

Kamu harus menjelaskannya kepada audiens kamu. Jika tidak, mereka akan ragu untuk mencobanya. Atau lebih buruk lagi, mereka bahkan tidak akan tahu itu ada.

Di situlah video explainer berfungsi sebagai jembatan antara kamu dan audiens kamu. Tunjukkan pada mereka jembatan dan mereka akan menyeberanginya sendiri.

Mengapa? Itulah tepatnya yang akan saya ceritakan kepada kamu di posting ini. Berikut adalah beberapa alasan mengapa sebaiknya perusahaan SaaS lebih baik menggunakan video explainer.

#1. Dikisahkan dengan Bahasa Santai

Sebagai perusahaan SaaS, tidak semua orang mengetahui cara kerja software kamu atau mengapa mereka membutuhkan software kamu sejak awal.

Bahkan jika konsep software kamu telah digunakan sebelumnya oleh perusahaan SaaS lain yang ada, kamu harus memiliki beberapa fitur untuk membuat software kamu lebih baik dari pesaing kamu.

Kamu perlu memberi tahu audiens kamu tentang fitur-fitur ini. Sayangnya untuk kamu, mereka tidak berbicara bahasa pengembang software.

Video explainer menggunakan bahasa kasual yang lebih mudah dipahami kebanyakan orang, daripada jargon teknis yang mungkin kamu gunakan saat berbicara dengan sesama developer.

#2. Video Explainer Bukan Video Iklan

Umumnya, orang cenderung menghindari segala jenis video iklan. Segera setelah tombol “lewati iklan ini” muncul di YouTube, mereka mengkliknya.

Dibandingkan dengan iklan biasa yang biasanya hanya membual tentang betapa bagusnya suatu produk, video explainer lebih informatif dan bernilai.

Video explainer untuk perusahaan SaaS harus memiliki informasi mendasar tentang software sehingga siapa pun yang menontonnya akan memiliki pemahaman yang memadai tentang software tersebut.

Pertimbangkan video tutorial, atau sekadar penjelasan tentang mengapa audiens membutuhkan produk atau layanan tertentu. Video-video semacam ini memberikan nilai lebih bagi audiens kamu, meskipun sebenarnya merupakan konten promosi.

Untuk perusahaan SaaS, video explainer adalah konten universal yang dapat digunakan di banyak tempat, seperti halaman arahan situs web kamu dan halaman Facebook atau saluran YouTube perusahaan kamu.

Apalagi jika kamu mengemasnya dalam bentuk video animasi, tidak hanya akan memberi warna pada halaman penggemar kamu yang sebelumnya tampak kusam, itu juga akan meninggalkan kesan positif tentang aplikasi kamu dan berkontribusi pada SEO situs web kamu.

#3. Video Explainer Hemat Waktu

Pengguna SaaS ingin tahu mengapa mereka harus menggunakan software kamu dan bagaimana melakukannya. Alih-alih membaca tutorial 10 langkah tentang cara menggunakan software, mereka diperlihatkan cara menggunakannya oleh pengembang software itu sendiri.

Perusahaan SaaS biasanya inovatif dan cenderung membuat konsep baru atau tidak biasa untuk produk software mereka. Untuk alasan ini, video sangat disukai dibandingkan dengan sekedar teks.

Bagi perusahaan SaaS yang muncul dengan konsep baru dan inovatif untuk software, video explainer adalah jurus jitu untuk meluncurkan software mereka ke pasar.

Berikut adalah contoh video explainer untuk perusahaan SaaS:

Explainer Video for NextGlass | Motion Graphic Animation

#4. SEO-friendly dan Memudahkan Pencarian Online

Thumbnail video kamu yang ada di hasil mesin telusur lebih cenderung menarik perhatian orang.

Video adalah bukti konten berkualitas, dan sebagai bagian dari campuran media di situs, ini membantu mengirimkan sinyal ke search engine bahwa laman atau situs kamu berisi media kaya yang relevan dengan permintaan penelusuran.

Singkatnya, video memikat lebih banyak penayangan dan klik ke domain kamu, menjadikannya lebih kuat dalam hal peringkat dan otoritas alias SEO.

Rangkuman

Singkatnya, untuk perusahaan SaaS begini yang harus kamu tahu:

  • Video explainer adalah video sederhana dan memudahkan audiens untuk mengerti.
  • Video explainer berfungsi sebagai periklanan dan pendidikan.
  • Video explainer bagus untuk SEO situs web kamu.

Untuk membuat video explainer, kamu bisa mempercayakan kepada studio animasi yang ahli seperti VideosID. Semoga bermanfaat!

Tentang Penulis

Andre Oentoro, merupakan CEO dan Founder dari Breadnbeyond, Explained, dan VideosID. Dia membantu bisnis meningkatkan rasio konversi, melakukan banyak penjualan, dan mendapatkan ROI positif dari video explainer.

Twitter: @breadnbeyond

Email: [email protected]

LinkedIn: Andre Oentoro

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar