Berita Cabang Jogjakarta
Berita Terkini
 
 
Berita Sebelumnya ..
 
 
Ingin mendapatkan info terbaru tentang Berita dan kegiatan
PPPA DAQU?

Silahkan Add Pin BB ini ..

Mobile QurÂ’an Goes to Tasikmalaya

Berita dari PPPA Cabang Bandung

Updated ( 2014-11-20 00:00:00 )
Read Total ( 327 )

Share on Facebook
 
SMPN 1 Sukaraja, daerah Kabupaten Tasikmalaya, kedatangan Mobile Qur'an (MOQU) pada Senin (17/11) lalu. Untuk pertama kalinya sekolah tersebut mendapat kunjungan MOQU, kemudian para siswa terlihat antusias menyambutnya, terlebih ketika media audio-visual yang dimiliki MOQU dijalankan. Sekitar seribu siswa yang hadir pada saat itu tampak khusyuk mendengarkan materi dari trainer yang membawakannya.

Aksi MOQU kali ini, masih dalam format training motivasi, baik motivasi untuk menghafal Al-Qur'an, maupun motivasi Inspirasi kehidupan. Selain itu diselingi beberapa permainan agar para peserta tidak jenuh. Selain itu juga ada pembagian door prize berupa mushaf Al-Qur'an.

Sedangkan aksi yang kedua bertempat di Rumah Tahfidz Al-Khoiriyyah , dimana pesertanya adalah para santri Rumah Tahfidz tersebut. Sebanyak skitar 60 anak dari usia TK hingga SMP hadir pada siang itu, materinya masih sama dengan aksi sebelumnya di SMPN 1 Sukaraja. Beberapa video inspiratif pun ditayangkan sebagai hiburan.

Training kali ini dibawakan oleh Achmad Ferdi, yang membawakan materi inspirasi kehidupan, inti materinya adalah bahwa untuk mencapai cita-cita, kita akan melewati rintangan dan memerlukan pengorbanan yang besar. Sedangkan untuk motivasi dan pelatihan menghafal Al-Qur'an, dibawakan oleh Ustadz Gugum Gumilar.

Dalam sesi ini Ustadz Gugum memotivasi para peserta, bahwa menghafal Al-Qur'an adalah sesuatu yang mudah, bahkan Allah menerangkan sendiri dalam salah satu ayat, yakni surah Al-Qamar ayat ke-32. Kemudian Ustadz Gugum mencoba mengajak anak-anak untuk menghafal tiga ayat pertama dari surah Yusuf dengan metode Sima'iyyah. Yakni metode dengan cara mendengarkan berulang-ulang.

Cukup hanya diulang sebanyak 20 kali, maka beberapa anak yang hadir mampu mengulang tiga ayat tersebut dengan baik. Sehingga diharapkan menjadi motivasi untuk menghafal bagi anak-anak, dan timbul anggapan bahwa menghafal Al-Qur'an itu bukan sesuatu yang sulit.

Aksi MOQU ini memang ditujukan untuk dakwah, khusunya untuk mengenalkan Al-Qur'an, tidak hanya mengenalkannya saja, namun memberi motivasi untuk membaca dan menghafalnya, bahkan mengamalkan isinya. Harapannya dengan terus berjalannya aksi MOQU ini, maka masyarakat semakin dekat dengan Al-Qur'an.

 
 
 
www.daqu.or.id