Jalan Sedekah
Artikel Lain Terkini
 
 
Artikel Lain Sebelumnya ..
 
 
Ingin mendapatkan info terbaru tentang artikel_tarmizi dan kegiatan
PPPA DAQU?

Silahkan Add Pin BB ini ..

Bulan Kasih Sayang



Updated ( 2014-07-24 00:00:00 )
Read Total ( 1172 )

Share on Facebook
 
Arrahmaannirrahiim.... demikian Asma Allah yang selalu kita lafalkan dalam Al Fatihah. Menurut Syaikh Al-Utsaimin, ar-Rahman berarti Yang Memiliki Rahmat dan Kasih Sayang yang Luas (subyek). Sedangkan ar-Rahim artinya Memberi Rahmat dan Mengasihi (adverb). Maka, Arrahmaannirrahiim memiliki makna ‘’Rahmat dan Kasih Sayang Allah SWT yang luas dan penuh kepada makhluk-Nya’’.

Tak pelak, Ramadhan adalah salah satu wujud kasih sayang Allah SWT. Betapa tidak. Melalui Bulan Suci ini, Allah SWT memberi kita kesempatan untuk meraih kualitas takwa, sebagaimana kita sudah hafal ayatnya:

“Duhai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa” (QS Al Baqarah: 183).

Ketakwaan, adalah ukuran sejati kehormatan dan kemulyaan manusia. Allah SWT berfirman: “Sungguh, orang yang paling mulya diantara kamu di sisi Allah SWT ialah yang paling bertaqwa” (QS al-Hujurat: 13).

Ketakwaan juga menghadirkan berbagai bentuk kasih sayang Allah SWT seperti jalan keluar dari kesulitan (QS at-Thalaq: 2); Rizki dari arah yang tidak disangka-sangka (QS at-Thalaq: 3); Pemenuhan hajat hidup (at-Thalaq: 3); Memberikan furqon (QS al-Anfal: 29); Dan secara kolektif mewujudkan negeri yang diberkahi (QS al-‘Araf: 96).

Melalui Ramadhan, Allah SWT memberi kesempatan orang beriman untuk membasuh dosa-dosanya. Rasulullah SAW berpesan: “Siapa yang berpuasa karena iman dan mengharap pahala,maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

Melalui Ramadhan pula, Allah SWT memberi kesempatan kita untuk melipatgandakan pahala amal kita, Shaum yang dilaksanakan sepanjang Ramadhan, pahalanya bukan lagi sepuluh kali lipat, tujuh ratus kali lipat, tapi kelipatannya tak terhingga. Rasulullah SAW menyampaikan kabar gembira dalam sebuah hadist qudsi: "Allah SWT berfirman, 'Setial amal anak Adam adalah untuknya kecuali shaum. Shaum tersebut adalah untuk-KU dan Aku yang akan membalasnya"(HR Bukhari dan Muslim)

Umrah yang dilakukan pada Ramadhan, pahalanya dilipatgandakan sehingga setara dengan ibadah haji. “Berumrah di Bulan Ramadhan sama seperti hajji” (HR Bukhari dan Muslim).

DPuncaknya, di Bulan Ramdahan ada satu malam sangat istimewa, yaitu lailatul qadr. Amalan pada malam ini kualitasnya lebih baik dari 1000 bulan (sekitar 83 tahun), sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat Al- Qadr: 1-5.

Dan dengan Ramadhan pula, Allah SWT melunakkan hati kita, sehingga lebih peduli kepada orang lain. Bentuk kepedulian zakat dan sedekah, seperti memberi makan orang yang berbuka.

“Siapa memberi makanan berbuka bagi orang yang berpuasa, maka baginya pahala yang semisal orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun” (HR At Tirmidzi).

Nah, sebagai ikhtiar untuk turut mengawal Ramadhan agar sesuai dengan maksud disyariatkannya, PPPA Daarul QurÂ’an menemani Anda melalui serangkaian program dan acara Sejuta Berkah Ramadhan. Rangkaian program baik yang on air maupun off air, berlangsung sebulan Ramadhan penuh hingga Idul Fitri, dapat Anda nikmati secara langsung (live) maupun melalui media elektronik dan digital.

Semoga dengan Ramadhan, kita meraih taqwa beserta segenap kemulyaan dan keberkahannya. Dengan demikian, di Hari Idul Fitri, kita kembali kepada fitrah manusia sebagai hamba Allah.

 
 
 
www.daqu.or.id